Rabu, 15 Oktober 2014

SISTEM INFORMASI MANAGEMENT

1.   Dari uraian singkat mengenai definisi informasi yang Anda ketahui kebutuhan informasi apa yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya. Sebutkan dan jelaskan hal tersebut berikut contoh perusahaan yang memanfaatkan informasi tersebut!
Jawab:
            Sebelumnya kita harus tau pengertian tentang informasi. Informasi adalah data  yang diolah menjadi bentuk yang lebih baik dan berguna untuk membantu mengambil  keputusan. Dalam sebuah perusahaan pastilah memiliki kebutuhan informasi dasar, di  antaranya:
-          Persaingan dunia
informasi tentang persaingan dunia ini menjadi sangat penting untuk di ketahui perusahan terlebih untukmengamati bangaiman persaingan ekonomi skalainternasional saat ini.

-          Pengaruhan ekonomi internasional
Informasi ini dibutuhkan bagi perusahaan untuk mengetahui peluang-peluang ekonomi yang ada dalam skala internasional sehingga bisa di manfaatkan menjadi suatu inovasi baru yang menguntungkan.

-          Kendala social
Informasi ini dibutuhkan bagi perusahaan untuk mengetahui kendala-kendala dalam skala nasional maupun internasional untuk mengurangi resiko kerugian.

-          Kompleksitas teknologi
Persaingan antar  perusahaan bukan hanya bagus atau tidaknya perusahaan tersebut tapi juga dari teknologi yang di gunakan oleh perusahaan tersebut.

Contoh sebuah perusahaan yang menggunakan penerapan 4 dasar informasi adalah perusahaan Telkom. Perusahaan dalam bidang komunikasi ini salah satu perusahaan yang menggunakan 4 dasar informasi.









2.      Sebutkan dan jelaskan 5 bentuk sumber yang di kelola oleh seorang manajemen!
Jawab:
-           Manusia
Sumber daya manusia (karyawan)
-          Material
Sumber daya alam (bahan baku)
-          Mesin fasilitas dan energi
Teknologi adalah satu alat bagi manager untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan usahanya.
-          Keuangan
Modal
-          Informasi
termasuk data informasi (termasuk data) adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manager selain manusia,material,mesin dan uang. 


3.      Elemen lingkungan adalah organisasi/individu yang berada di luar perusahaan dan mempunyai pengaruh langsung/tak langsung pada perusahaan. Sebutkan dan jelaskan elemen-elemen lingkungan manakah yang dapat secara mudah berhubungan dengan perusahaan yang menggunakan transmisi elektronik!
Jawab:
-          Pemerintah
Merupakan element lingkungan yang membantu perusahaan untuk mengetahui peraturan-peraturan yang ada dan harus di patuhi oleh perusahaan.

-          Masyarakat keuangan
Merupakan element lingkungan yang membantu perusahaan dalam segi keuangan seperti pajak,suku bunga,prosedur kredit dan lain-lain.

-          Pemasok
Merupakan element lingkungan yang paling utama karena dengan adanya pelanggan sebuah perusahaan dapat menjual barang produksi mereka dan memperoleh keuntungan.


referensi
                                 

2 komentar:

  1. sorry boleh nanya?
    semua jawabanya apa sudah sesuai sama pertanyaan yg dosen SIM ajukan ?
    dan kemarin pas di mata kuliah ini km dapet nilai apa?
    terimakasih..

    BalasHapus
  2. sorry boleh nanya?
    semua jawabanya apa sudah sesuai sama pertanyaan yg dosen SIM ajukan ?
    dan kemarin pas di mata kuliah ini km dapet nilai apa?
    terimakasih..

    BalasHapus