Ada
lima aktivitas dalam siklus pengeluaran (Gelinas 1998:474) yaitu sebagai
berikut :
1. Aktivitas
permintaan pembelian barang atas kebutuhan barang dan jasa
2. Aktivitas
pemesanan barang dan jasa yang akan dibeli
3. Aktivitas
penerimaan barang dan jasa yang telah dibeli
4. Aktivitas
persetujuan faktur dan Supplier
5. Aktivitas
pembayaran atas pembelian barang dan jasa
1. Aktivitas
Permintaan Pembelian Barang Atas Kebutuhan Barang dan Jasa
Aktivitas permintaan pembelian barang dan jasa
dilakukan dengan menggunakan dokumen Purchase Requistion. Dokumen ini berisi
daftar pemesanan yang meliputi tujuan pengiriman barang, tanggal pemesanan,
nama dan jenis barang dan kuantitas pemesanan. Prosedurnya adalah tiap-tiap
departemen diperbolehkan mengisi dokumen Purchase Requisition atas persetujuan
dari manajernya. Setelah itu dokumen Purchase Requisition diserahkan ke
departemen pembelian barang untuk dipesankan.
Hal ini dilakukan agar kebutuhan tiap-tiap departemen dapat terpenuhi dan juga
merupakan pengendalian perusahaan agar dapat tidak terjadi penggandaan
pemesanan barang ke Supplier.
2. Aktivitas
Pemesanan Barang dan Jasa Yang Akan Dibeli
Aktivitas pemesanan barang dan jasa yang akan
dibeli dilakukan dengan menggunakan dokumen Purshase Order. Dokumen ini berisi
tentang permintaan atas barang dan jasa ke Supplier sekaligus pengirimannya.
Prosedurnya adalah departemen pembelian barang mencari Supplier dari beberapa
Supplier yang ada yang memiliki harga terendah, kualitas barang dan jasa yang
terbaik dan sistem pengiriman yang tepat, departemen pembelian akan melakukan
pemesanan dan mengirimkan Purchase Order. Hal ini juga merupakan pengendalian
perusahaan agar barang dan jasa yang dibeli sesuai dengan barang dan jasa yang
dipesan oleh departemen yang mengajukan dokumen Purchase Requisition.
3. Aktivitas
Penerimaan Barang dan Jasa Yang Telah Dibeli
Aktivitas penerimaan barang dan jasa yang
telah dibeli dilakukan dengan menggunakan dokumen Receiving Report. Dokumen ini
berisi tentang pengakuan penerimaan barang dan jasa, yang meliputi tanggal
diterimanya barang, jenis dan kuantitas barang yang telah diterima, asal
pengiriman (Supplier), dan nomor Purchase Order.
Pada aktivitas ini dilakukan pencocokan Faktur
dengan Purchase Order dengan tujuan untuk mengetahui apakah barang yang
diterima telah sesuai dengan yang dikirim melebihi kuantitas yang dipesan, atau
bahkan telah terjadi salah pengiriman, maka barang yang bersangkutan akan
langsung dikembaliakn kepada Supplier yang bersangkutan. Pada kativitas ini
juga mungkin dilakuakn adanya retur/pengembalian atas barang yang rusak saat
diterima.
Setelah itu, Bagian gudang akan membuat
dokumen Receive Report untuk mengakui pertambahan persediaan di gudang
berdasarkan faktur. Dalam hal mengakui pertambahan persediaan di gudang
berdasarkan faktur. Dalam hal ini, hanya barang-barang yang terdapat dalam
Purchase Order saja yang boleh diakui, sedangakan yang tidak sesuai langsung
dikembalikan. Hal ini merupakan pengendalian perusahaan agar dapat mengetahui barang
apa saja yang telah diterima dan yang belum dikirim oleh Supplier.
4. Aktivitas
Persetujuan Faktur dan Supplier
Aktivitas persetujuan dari Supplier dalam
rangka pembayaran atas pembelian. Dilakukan dengan menggunakan dokumen Voucher
Package. Dokumen ini berisi tanggal pembuatannya, tanggal pembayaran, serta
jumlah harga barang dan jasa yang telah diterima berdasarkan Source Document
yangg ada meliputi Faktur, Purchase Order, dan Receiving Report.
Pada aktivitas ini dilakuakn pencocokan
Receiving Report dengan Purchase Order dengan tujuan untuk mengetahui apakah
semua barang yang dipesan sudah diterima/dikirim semua. Kemudian dibuatlah
Voucher Package untuk memastikan jumlah harga yang harus dibayar kepada
Supplier. Hal ini merupakan pengendalian perusahaan agar dapat mengetahui
berapa jumlah yang harus dibayar sesuai dengan jumlah barang yang telah
diterima sesuai dengan kenyataannya.
5. Aktivitas
Pembayaran Atas Pembelian Barang dan Jasa
Aktivitas pembayaran atas pembelian barang dan
jasa yang telah dilakukan dengan menggunakan dokumen pengeluaran kas. Dokumen
ini berisi tanggal pembayaran, jumlah harga yang harus dibayar, beserta nomor
Faktur. Pada saat jatuh tempo pembayaran, pihak Supplier akan menagih
perusahaan sesuai dengan dokumen Voucher Package. Hal ini merupakan
pengendalian perusahaan agar dapat mengetahui jumlah pengeluaran kas
perusahaan.
Refernsi :
Play Slots - CasinoTopOS Forums
BalasHapusBest Slots & Casino Sites List 2021 | 강원 랜드 여자 앵벌이 Find your CasinoTopOS casino 한게임 포커 머니 상 2021 list 텍사스홀덤 and 승인전화없는 가입머니 play online 토토 꽁 머니 사이트 slots free. Exclusive bonuses, games & bonuses for trusted casinos.